PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TATAARAN

Authors

  • Febriansye Harikadua Universitas Negeri Manado
  • Roos. M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Deddy F. Kumolontang Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, audio visual

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ipa. Metode penelitian yang dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Yang terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, dan Refleksi dan digunakan pada dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD N 2 Tataaran yang berjumlah 14 orang, 8 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Untuk mendapatkan data maka digunakan teknik pengumpulan data: instrumen penelitian pengamatan interaksi belajar mengajar dan tes hasil belajar dari siswa itu sendiri.

Hasil belajar siswa pada siklus 1, dari 14 orang siswa yang belum tuntas hanya 4 orang siswa. dan pada siklus II yakni 14 orang siswa sudah berhasil dengan ketuntasan belajar pada siklus II 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tataaran. Berdasarkan kesimpulan penelitian mengemukakan saran. yaitu guru harus bisa menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri di sekolah manapun.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>