HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN KOTAMOBAGU BARAT

Main Article Content

Fatrah F. Makalalag
Mozes M. Wullur
Kartina Siwi
Richard D. H. Pangkey

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Kotamobagu Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-experiment dengan menggunakan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri di Kecamatan Kotamobagu Barat Kelas V dengan jumlah seluruh 408 peserta didik. Dengan menggunakan Teknik simple random sampling maka jumlah sampel yang diambil sebanyak 80 peserta didik. Teknik Analisis data penelitian ini menggunakan Software SPSS.25. Analisis dalam penelitian ini menggunakan tabel ANOVA-2 jalur tabel uji Regresi Linear Sederhana Analisis regresi dalam hal ini digunakan untuk melihat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa. Dengan rumus yaitu: ŷ =a+bx dimana : Ŷ = Variabel Hasil Belajar, X = Variabel Gaya Belajar, a = Nilai Konstanta, dan b = Nilai Koefisien untuk mengetahui seberapa besar signifikasi hubungan dari gaya belajar dengan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan dimana nilai signifikasi variabel X yang didapat sebesar 0.000.dimana taraf signifikasi 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa 0.000 < 0.05 yang berarti menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel variabel X dan variabel Y. Persamaan regresi linear sederhana adalah Ŷ = -1.560 + 0, 937X persamaan regresi tersebut memiliki makna sebagai (1). Jika variabel gaya belajar dianggap sama dengan nol, maka variabel hasil belajar sebesar -1.560. (2). Jika variabel gaya belajar mengalami kenaikan satu poin maka akan menyebabkan kenaikan variabel hasil belajar sebesar 0,937. Dan pada hasil R-Square menggunakan Tabel Coefficient, dimana hubungan varriabel X (Gaya Belajar) dengan Variabel Y (Hasil Belajar) sebesar 0.960 yang berarti hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar sebesar 96,0% , sedangkan 4% merupakan hubungan dari faktor lain atau faktor yang tidak diteliti. Maka dengan ini disimpulkan bahwa gaya belajar berhubungan dengan hasil belajar siswa SD Negeri di Kecamatan Kotamobagu Barat.

Article Details

Section
Articles