PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENTDIVISION(STAD)UNTUKMENINGKATKANHASILBELAJARPKN SISWA KELAS IV SD GMIM I WOLOAN

Main Article Content

Marsela Kasim
Fientje J. Oentoe
Sarah S. N. Tombokan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada materi kebersamaan dalam keberagaman melalui PenerapanModel Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas IV SD GMIM I Woloan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki empat tahapan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjekpenelitian ini adalah siswakelas IV SD GMIM I Woloan yangberjumlah 15siswadan telah dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi pada setiap siklus menunjukkan peningkatan di mana siklus I nilai hasil ketuntasan belajar mencapai 59,66% dan siklus II meningkat menjadi 84,2%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa kelas IV SD GMIM I Woloan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapatmeningkatkan hasilbelajar PKn padamateri kebersamaan dalam keberagaman padasiswakelas IV SD GMIM I Woloan.

Article Details

Section
Articles