UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA SISWA KELAS V DI SDGP SULUUN IV

Authors

  • Michelle B. A. Lalujan Universitas Negeri Manado
  • Jeffry S. J. Lengkong Universitas Negeri Manado
  • Mozes Y. Legi Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Take And Give, hasil belajar, Pkn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan Hasil Belajar PKN materi pokok Keutuhan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui model pembelajaran Take And Give pada kelas V SDGP Suluun IV. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDGP Suluun IV dengan jumlah siswa 12 orang yang terdiri dari 4 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan non tes, dengan instrumen penelitian berupa butir soal dan lembar observasi yang dilengkapi dengan rubrik pengukuran keaktifan siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif yaitu teknik analisis yang membandingkan hasil belajar pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I mencapai ketuntasan sebesar 50%, kemudian meningkat pada siklus II mencapai ketuntasan sebesar 100%. Selain itu nilai rata-rata hasil belajar juga meningkat dari siklus I sebesar 67,91 meningkat pada siklus dua menjadi 85,41. Sesuai dengan rumusan masalah maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar PKN dengan materi pokok Keutuhan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) siswa kelas V di SDGP Suluun IV.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)