PENGGUNAAN MODEL PAKEM DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GMIM 4 TONDANO

Main Article Content

Veronica Maringka
Wilson Takaendengan
Widdy H. F. Rorimpandey

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIM IV Tondano melalui penggunaan model PAKEM dengan media gambar dalam pembelajaran IPS. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas V SD GMIM IV Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan Mc Taggart dengan tahap-tahap sebagai berikut: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi yang digunakan pada dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan langsung proses pembelajaran dan tes. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dihitung dengan menggunakan rumus ketuntasan belajar (KB) yaitu jumlah skor yang diperoleh siswa (T) dibagi jumlah skor total (Tt) kemudian dikalikan seratus persen (100%). Hasil yang diperoleh siswa pada setiap tahap kegiatan pembelajaran pada siklus I 67% dan mengalami peningkatan hingga 16% pada siklus II yakni 83%. Melihat dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru wali kelas penerapan model PAKEM dengan media gambar dapat dijadikan alternatif atau upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Article Details

Section
Articles