PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GMIM 140 PINELENG

Main Article Content

Aldia G. Engka
Deitje A. Katuuk
Margareta O. Sumilat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Kelas IV SD GMIM 140 Pineleng.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu 1.perencanaan, 2.pelaksanaan tindakan, 3.observasi, dan 4.refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD GMIM 140 Pineleng yang berjumlah 21 orang.Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Teknik pengolahan data melalui rumus ketuntasan belajar.  Hasil yang dicapai pada siklus I adalah 57,3% belum berhasil sehingga dilanjutkan pada siklus II. Dan pada siklus II telah mencapai hasil 85,7%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM 140 Pineleng. Bertolak dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles