PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SD INPRES 4/82 WALIAN

Main Article Content

Salomo M. J. Lumenta
Widdy H. F. Rorimpandey
Juliana Sumilat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SD Inpres 4/82 Walian. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 4/82 Walian yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. teknik pengolahan data melalui rumus persentase. Hasil yang dicapai pada siklus I adalah 40 % belum berhasil sehingga dilanjutkan pada siklus II. Dan pada siklus II telah mencapai hasil 95 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SD Inpres 4/82 Walian. Bertolak dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>