PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SD INPRES 4/82 WALIAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SD Inpres 4/82 Walian. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 4/82 Walian yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. teknik pengolahan data melalui rumus persentase. Hasil yang dicapai pada siklus I adalah 40 % belum berhasil sehingga dilanjutkan pada siklus II. Dan pada siklus II telah mencapai hasil 95 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SD Inpres 4/82 Walian. Bertolak dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa.