UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SD ADVENT TOMOHON

Main Article Content

Melina N. Salmon
Wilson Takaendengan
Roos M. S. Tuerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru meningkatkan disiplin belajar siswa di SD Advent Tomohon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SD Advent Tomohon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif, sumber datanya adalah Guru Kelas I sampai Kelas VI dan Kepala Sekolah sebagai data primer (data utama) dan dokumen/situs web sekolah sebagai data sekunder (data pelengkap). Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada data terlebih dahulu kemudian disajikan dalam teks yang bersifat deskriptif, dan selanjutnya ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam peningkatan disiplin belajar siswa sudah sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dari upaya-upaya yang telah dilakukan guru dalam peningkatan disiplin belajar siswa. Adapun hal-hal yang dilakukan antara lain : (1) Memberi teguran, sanksi dan hukuman sesuai dengan aturan sekolah (2) Memberikan motivasi, dorongan, dan melatih siswa untuk berperilaku disiplin (3) Membimbing, mengarahkan, dan melatih siswa untuk taat akan jadwal belajar yang ditetapkan bersama.

Article Details

Section
Articles