PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SD GMIM 23 GIRIAN

Main Article Content

Silvana Leohang
Mersty E. Rindengan
Margareta O. Sumilat

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang menggali informasi dari teks nonfiksi melalui Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI SD GMIM 23 Girian. Peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Kemmis dan Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) obeservasi, dan (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD GMIM 23 Girian dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dapat memahami materi dari dua siklus. Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 66,3% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 81,7%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Penerapan Model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar tentang menggali informasi dari teks nonfiksi siswa kelas VI SD GMIM 23 Girian.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4