PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD GMIM VI TOMOHON

Main Article Content

Karmila Bolota
Julduz R. Paus
Sarah S. N. Tombokan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD GMIM VI TOMOHON. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD GMIM VI TOMOHON tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 12 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi serta analisis data. asil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning hasil belajar IPA peserta didik setiap siklusnya mengalami peningkatan yang signifikan, diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 78,75 dengan jumlah peserta didik yang tuntas belajar adalah 8 orang dengan persentase secara klasikal sebesar 66,66% dan hasil belajar pada siklus II rata-rata di peroleh 94,16 dengan jumlah peserta didik yang tuntas belajar adalah 12 orang dengan persentase secara klasikal sebesar 100%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD GMIM VI TOMOHON tahun pelajaran 2023/2024.

Article Details

Section
Articles