PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD GMIM WATUMEA

Main Article Content

Hilkia M. Sumaraw
Amiana M. Mogot
Margareta O. Sumilat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas IV SD GMIM Watumea. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM Watumea dengan jumlah siswa 10 orang yang terdiri dari 5 laki-laki dan 5 perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I yang tuntas 4 dari 10 siswa atau 40%, siklus II 10 siswa tuntas atau 100%. Ketuntasan Belajar (KB) siklus I dengan nilai keseluruhan siswa hanya mencapai 64,5 sedangkan siklus II 87,5. Sesuai dengan rumusan masalah maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar tematik materi sikap kepahlawanan kelas IV SD GMIM Watumea.

Article Details

Section
Articles