PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SD GMIM RAANAN BARU

Main Article Content

Shania I. Timbulus
Norma N. Monigir
Lucia A. M. Pati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SD GMIM Raanan Baru, melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan jenis Penilaian Tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksaan tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD GMIM Raanan Baru yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang dicapai pada siklus I adalah nilai rata-rata kelas mencapai 69% dan ketuntasan belajar mencapai 50%. Dan pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas mencapai hasil 88% dengan ketuntasan belajar 9 orang atau 90% yang berarti sudah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar di kelas V SD GMIM Raanan Baru. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles