PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI KELAS IV SD GMIM MALOLA

Main Article Content

Maria K Mamangkey
Juliana K. Tagupia
Lucia A. M. Pati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD GMIM Malola melalui Metode Demonstrasi. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IV SD GMIM Malola yang berjumlah 21 siswa. Metode penelitian yang digunakan yakni desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencananaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data, melalui: lembar kegiatan siswa, tes formatif siklus I dan II. Metode demontrasi dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelaran Bahasa Indonesia apabila hasil penelitian siswa mencapai rata-rata kelas ≥ 70, persentase tuntas belajar klasikal ≥ 70%. Hasil penelitian siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 64,05 dan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 33,33%. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas yakni menjadi 83,80 dan persentase tuntas belajar klasikal mencapai 95,23%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM Malola melalui penggunaan metode demontrasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Disarankan agar metode demonstrasi dapat digunakan pada mata pelajaran yang lain guna menigkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)