PEMBELAJARAN INOVATIF ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Charles Edwin Ginupit PPG Universitas Negeri Manado
  • Meike Mamentu PPG Universitas Negeri Manado
  • Maura Rawung PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8106

Keywords:

Innovative Learning, Student Learning Outcomes

Abstract

PEMBELAJARAN INOVATIF ABAD 21

UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

 

Charles Edwin Ginupit1, Meike Mamentu2, Maura Rawung3

PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

 

 

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah agar peserta didik dapat memaksimalkan pemerolehan pengetahuan dan ketrampilan. Pengetahuan itu meliputi pedagogi, konten, dan teknologi untuk meningkatkan kemampuan professional (Mishra & Koehler, 2012) atau TPACK. Pedagogi mengacu pada interaksi antara guru dan siswa dalam pengajaran yang keefektifannya bergantung pada strategi guru dalam pengembangan pelajaran, kemampuan peserta didik dan ketersediaan sumber daya.

Pedagogi yang efektif menciptakan kegiatan otentik yang akan mengeluarkan hasil terbaik dari setiap pelajar dan membantu mereka meningkatkan pengalaman belajar mereka. Pengetahuan konten mengacu pada pengetahuan dan informasi yangdiajarkan guru dan yang dipelajari siswa dalam subjek atau area konten tertentu (The Glossary of Education Reform, 2016). Hal ini sangat penting dikuasai agar transfer pengetahuan tidak melenceng dari teori. Pengetahuan teknologi adalah pemilihan aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Oakley (2020) menyebutkan bahwa ketiga pengetahuan ini harus terus dikembangkan dan ditingkatkan guna mendukung keprofesionalitasan guru dalam mengajar agar sejalan dengan pergeseran pendekatan, metode, dan strategi yang ada

Kondisi dimana belum maksimalnya kompetensi TPACK guru di SMP Kristen Nafiri Manado menjadi salah satu masalah nyata yang diperlukan penyelesaiannya guna meningkatkan kualitas dan kuantitas pembelajaran dan juga sumber daya manusia di era digital.Masih ada guru yang belum memiliki pembekalan pengetahuan yang cukup mengenai pemanfaatan aplikasi digital untuk pengajaran. Padahal, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, penerapan metode pembelajaran ini tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik akan tetapi juga meningkatkan softskills yang dituntut dalam kurikulum dengan kaitan relevansi antara suatu program pembelajaran dengan sasaran capaian pembelajaran atau learning outcome. Oleh karena itu, dibutuhkan langkah konkrit untuk mengakomodasi permasalahan tersebut berupa penerapan penguatan TPACK melalui aplikasi GAFE atau Google Apps For Education bagi Guru dan Peserta didik.

Kata Kunci: Pembelajaran Inovatif, Hasil Belajar Siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INNOVATIVE LEARNING IN THE 21ST CENTURY

TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES

 

Charles Edwin Ginupit1, Meike Mamentu2, Maura Rawung3

MANADO STATE UNIVERSITY TEACHER PROFESSIONAL EDUCATION

 

 

 

ABSTRACT

The aim of this research is for students to maximize the acquisition of knowledge and skills. This knowledge includes pedagogy, content, and technology to enhance professional capabilities (Mishra & Koehler, 2012) or TPACK. Pedagogy refers to the interaction between teachers and students in teaching whose effectiveness depends on the teacher's strategy in developing learning, students' abilities and the availability of resources.

Effective pedagogy creates authentic activities that will bring out the best in each learner and help them enhance their learning experience. Content knowledge refers to the knowledge and information that teachers teach and that students learn in a particular subject or content area (The Glossary of Education Reform, 2016). This is very important to master so that the transfer of knowledge does not deviate from theory. Technological knowledge is a choice of learning applications that can be used in learning. Oakley (2020) states that this third knowledge must continue to be developed and improved to support teacher professionalism in teaching so that it is in line with shifts in existing approaches, methods and strategies.

The condition of teachers' TPACK competency not being optimal at Nafiri Christian Middle School, Manado, is a real problem that needs to be resolved in order to improve the quality and quantity of learning and human resources in the digital era. There are still teachers who do not have adequate knowledge regarding the use of digital applications for teaching. In fact, as explained above, the application of this learning method can not only improve students' cognitive, affective and psychomotor abilities but also improve the soft skills required in the curriculum by linking the relevance of a learning program to learning achievement or achievement goals. learning outcomes. Therefore, concrete steps are needed to accommodate these problems in the form of a TPACK enforcement policy through the GAFE application or Google Apps For Education for Teachers and Students.

Keywords: Innovative Learning, Student Learning Outcomes

References

Bersin, J. 2004. The Blended Learning Book Best Practices, Proven

Methodologies and Lesson Learned. San Fransisco: JohnWeley.

Fallon, Jessi. 2016. Google Classroom for Third Grade Writing. Theses and

Dissertations. 577. http://rdw.rowan.edu/etd/577 Hartati, Yum. 2017

Model Pembelajaran KewirausahaanBerbasis Karakter dengan Blended

Learning Berbantu Hypermedia dalam Rangka Meningkatkan

Kemandirian Siswa. Prosiding Seminar Nasional PPKn III.

Abdullah, W. (2017). Blended Learning Approach Initiating Application In Primary School. Jurnal Kreatif :

Jurnal Kependidikan Dasar, 7(2).

Aditia Rachman, Yusep Sukrawan, D. R. (2019). Penerapan Model Blended Learning Dalam Peningkatan

Hasil Belajar Menggambar Objek 2 Dimensi. Journal Of Mechanical Engineering Education, 6(2), 145–

Https://Doi.Org/10.17509/Jmee.V6i2.21784

Afandi, Sajidan, Akhyar, M., & Suryani, N. (2019). Development Frameworks Of The Indonesian Partnership

st-Century Skills Standards For Prospective Science Teachers. Jurnal Pendidikan Ipa, 8(2), 89–100.

Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Jp Ii/Article/View/11647/9023

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Ginupit, C. E. ., Mamentu, M., & Rawung, M. (2025). PEMBELAJARAN INOVATIF ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 27–33. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8106