PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMKN 1 PAMONA SELATAN

Authors

  • Merlin Sabintoe PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Sri Purwaningsih PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Steven Mamanua PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Allen Manongko UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8161

Keywords:

Learning Outcomes

Abstract

 

ABSTRAK

Hasil belajar siswa merupakan output dari proses belajar mengajar. Salah satu masalah dalam pembelajaran di sekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari data awal nilai ulangan harian siswa yang masih berada di bawah KKM. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)) merupakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) yang menuntut siswa untuk aktif dan memotivasi siswa supaya dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasi materi pelajaran yang dipelajari.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMKN 1 Pamona Selatan.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest- posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI Jurusan Akuntansi sebagai kelas eksperimen II, dengan teknik pengolahan data menggunakan uji-t dua arah.

Setelah penelitian dilakukan ternyata hasil belajar pada kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL 81,14 lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Konvensional 76,98. Berdasarkan uji statistik diperoleh thitung 2,4046 dan ttabel 1,9893. Karena nilai thitung > ttabel (2,4046 > 1,9893) berarti maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ekonomi yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMKN 1 Pamona Selatan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

Student learning outcomes are the output of the teaching and learning process. One of the problems in learning at school is the low student learning outcomes. This can be seen from the initial data on students' daily test scores which are still below the KKM. Many factors influence learning outcomes, one of which is the learning model. The Problem Based Learning (PBL) learning model is a cooperative learning model that requires students to be active and motivate students so that they can support and help each other in mastering the subject matter being studied.

The aim of this research is to determine the differences in economic learning outcomes between those using the PBL learning model and the conventional learning model for class X students majoring in Accounting at SMKN 1 Pamona Selatan.

This research is experimental research with a pretest-posttest design. The subjects in this research were class X students in the Accounting Department as experimental class I and class

After the research was carried out, it turned out that the learning outcomes in classes that used the PBL learning model were 81.14 higher than in classes that used the conventional learning model, 76.98. Based on statistical tests, tcount is 2.4046 and ttable is 1.9893. Because the value of tcount > ttable (2.4046 > 1.9893) means that it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted.

From the analysis that has been carried out, it can be concluded that there is a significant difference between the economic learning outcomes that use the PBL learning model and the conventional learning model for class X students majoring in Accounting at SMKN 1 Pamona Selatan.

Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning (PBL) Learning Model.

 

References

Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian, Jakarta : Rhineka Cipta Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Arleli, 2012. Meningkatkan minat belajar pada pembelajaran IPS Ekonomi Model berfikir kreatif (creative Thinking model)

Asep J, dan Abdul H, 2012. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta : Multi Persindo Ary, Donald dkk. Pengantar penelitian dalam pendidikan terjemahan Arief

Furchman. 2011. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Aunurrahman, 2013. Belajar dan pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Djamarah, S, B dan Zain, A. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta : Rhineka Cipta

Dimyati, dan Mujiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rhineka Cipta Eggen, dan Kauchak. 2012. Strategi dan model pembelajaran : mengajarkan

konten dan keterampilan berfikir. Jakarta : Indeks

Hamalik, O.2011. proses belajar mengajar. Jakarta : Bumi Aksara Hamruni, 2012. Strategi pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani

Huda, Miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pengajaran berdasarkan masalah. Surabaya : UNESA Press

Kiptiyah, M. 2006. Persepsi siswa tentang bimbingan belajar dan minat belajar serta hubungannya dengan hasil belajar Ekonomi

Mardapi, D. 2008. Tehnik penyusunan instrumen Tes dan Non Tes. Jogjakarta : Mitra Cendika

Neolaka, Amos. 2014. Metode penelitian dan statistik. Bandung : PT Remaja Rosda Karya. Offset.

Rusman, 2011. Model-model pembelajaran mengembangkan professionalisme Guru. Jakarta : Rajawali

Sardiman, 2011. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Sastrawati, E. 2011. Pengaruh media pembelajaran problem based learning dan

startegi metakognitis terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi pada mata pelajaran matematika sekolah menegah pertama. Tidak dipublikasikan

Slameto, 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rhineka Cipta

Sudjana, N. 1990. Dasar-dasar proses belajar. Bandung : Sinar Baru Sudjana. 2005. Metode statistika. Bandung : PT Tarsito Bandung.

Sugiyono, 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kauntitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung : Alfabeta

Trianto, 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konstekstual. Jakarta : Prenada Media

Tohir, M. Pengaruh penerapan pendekatan kontekstual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis surat siswa SMP N 22 Kota Jambi. Tidak dipublikasikan

Wena, K. 2009. Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Sabintoe, M. ., Purwaningsih, S., Mamanua, S., & Manongko, A. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMKN 1 PAMONA SELATAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 120–127. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8161