PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS (EKONOMI) MATERI PENGUATAN AGRIKULTUR DI INDONESIA BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP KRISTEN LAFA KECAMATAN TELUTIH KABUPATEN MALUKU TENGAH

Authors

  • Elisa Serumena PPG Universitas Negeri Manado
  • Jerry Wuisang PPG Universitas Negeri Manado
  • Iwan Kandori PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8109

Keywords:

Learning outcomes, learning activities, social studies (Economics) learning, Project Based Learning model

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam proses pembelajaran IPS (Ekonomi) ; dan Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS (Ekonomi) dengan materi Penguatan Agrikultur di Indonesia bagi peserta didik kelas VIII SMP Kristen Lafa Kecamatan Telutih melalui penerapan model Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SMP Kristen Lafa Kecamatan Telutih Kabupaten Maluku Tengah selama dua bulan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kristen Lafa Kecamatan Telutih Kabupaten Maluku Tengah yang terdiri dari dari 20 peserta didik. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS (Ekonomi) tentang Penguatan Agrikultur di Indonesia melalui penerapan model Project Based Learning atau pembelajaran berbasis proyek. Penelitian tindakan kelas ini menyimpulkan bahwa : 1). Penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan motivasi  belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS (Ekonomi). Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas atau kegiatan belajar peserta didik pada setiap siklus tindakan yang dilakukan; dan 2). Penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS (Ekonomi) materi Penguatan Agrikultur di Indonesia bagi peserta didik kelas VIII SMP Kristen Lafa Kecamatan Telutih. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar  dan tingkat ketuntasan belajar peserta didik pada setiap siklus tindakan yang dilakukan.

Kata Kunci: Hasil belajar, aktivitas belajar, pembelajaran IPS (Ekonomi), model Project Based Learning.

ABSTRACT

This research aims to improve: 1). students' learning activities in the social studies (Economics) learning process; and 2). Student learning outcomes in the social studies (Economics) learning process with material on Strengthening Agriculture in Indonesia for class VIII students at Lafa Christian Middle School, Telutih District through the application of the Project Based Learning model. This research is classroom action research. The research was conducted at Lafa Christian Middle School, Telutih District, Central Maluku Regency for two months. The research subjects were class VIII students of Lafa Christian Middle School, Telutih District, Central Maluku Regency, consisting of 20 students. The object of this research is social studies (Economics) learning about Strengthening Agriculture in Indonesia through the application of the Project Based Learning model or project-based learning. This classroom action research concluded that: 1). The application of the Project Based Learning model can increase students' learning motivation in learning Social Sciences (Economics). This is shown by the increase in student activity or learning activities in each action cycle carried out; and 2). The application of the Project Based Learning model can improve student learning outcomes in social studies (Economics) material on Strengthening Agriculture in Indonesia for class VIII students at Lafa Christian Middle School, Telutih District. This is shown by the increase in the average value of learning outcomes and the level of learning completion of students in each action cycle carried out.

Keywords: Learning outcomes, learning activities, social studies (Economics) learning, Project Based Learning model.

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013.

Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.

Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Taniredja, Tukiran. dkk. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung:

Alfabeta.

Trianto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.

Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Serumena, E. ., Wuisang, J., & Kandori, I. (2025). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS (EKONOMI) MATERI PENGUATAN AGRIKULTUR DI INDONESIA BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP KRISTEN LAFA KECAMATAN TELUTIH KABUPATEN MALUKU TENGAH. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 55–66. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8109