PEMBELAJARAN YANG INOVATIF PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 8 GORONTALO UTARA

Authors

  • Halim Antula PPG Universitas Negeri Manado
  • Marlyn Londa PPG Universitas Negeri Manado
  • Cleiment Gerungan PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8124

Keywords:

Innovative Learning, Project Based Learning, Learning Outcomes, Students

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Pembelajaran yang Inovatif Project Based Learning dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini antara lain : manfaat praktis yakni dapat menjadi referensi bagi para pembaca dan menjadi sarana penulis dalam mendalami teori-teori kependidikan,

Project Based Learning adalah metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan. Dalam metode pembelajaran ini pendidik berperan sebagai fasiliator. Project Based Learning bertujuan untuk menemukan pemecahan masalah, disamping itu juga agar peserta didik mempelajari konsep cara pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Dalam mempelajari konsep dan kemampuan berpikir kritis tersebut peserta didik bekerja secara bersamaâ€Âsama dalam kelompoknya untuk mengkaji masalah-masalah riil. Pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran ini diharapkan dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan kreatif, dengan belajar dari apa yang mereka lihat dari lingkungannya.

Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas, pengumpulan data dilakukan setelah kegiatan belajar mengajar dilakukan, sedangkan untuk menganalisis data yang di peroleh melalui perbandingan hasil yang diperoleh siswa di siklus 1 dan siklus 2. Yang menjadi populasi adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Gorontalo Utara sebanyak 17 siswa, sampelnya diambil dari keseluruhan populasi.

Dari penelitian terhadap aspek-aspek tersebut, maka dapat di simpulkan bahwa penerapan Pembelajaran yang Inovatif Project Based Learning dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 8 Gorontalo Utara oleh Guru-Guru sudah optimal, namun perlu adanya usaha untuk peningkatan kualitas mengajar guru yaitu dengan upaya-upaya seperti pelatihan secara terpadu dalam pengembangan K-13 (Kurikulum 2013) dalam penggunaan dan pembuatan media/sumber secara sederhana oleh guru serta perlu adanya penyediaan sarana yang lebih baik dan efisien berupa penambahan jaringa Wifi dan Proyektor di ruang kelas agar membantu proses pembelajaran di kelas.

Kata Kunci  :  Pembelajaran yang Inovatif, Project Based Learning, Hasil Belajar, Siswa

 

 

 

ABSTRACT

The aim of this research is to determine the application of innovative project based learning in order to improve student learning outcomes. The expected benefits of this research include: practical benefits, namely that it can serve as a reference for readers and become a means for writers to explore educational theories,

Project Based Learning is a learning method that can be applied at all levels of education. In this learning method the educator acts as a facilitator. Project Based Learning aims to find solutions to problems, besides that, students also learn the concept of how to solve problems and develop critical thinking skills. In studying the concepts and critical thinking skills, students work together in groups to examine real problems. It is hoped that learning by applying this learning method can make students more active and creative, by learning from what they see in their environment.

This research uses the Classroom Action Research Method, data collection is carried out after teaching and learning activities have been carried out, while analyzing the data obtained through comparing the results obtained by students in cycle 1 and cycle 2. The population is all students of class XI IPS SMA Negeri 8 Gorontalo North as many as 17 students, the sample was taken from the entire population.

From the research on these aspects, it can be concluded that the application of Innovative Project Based Learning in the teaching and learning process at SMA Negeri 8 Gorontalo Utara by the teachers is optimal, but efforts are needed to improve the quality of teacher teaching, namely by efforts- efforts such as integrated training in the development of K-13 (2013 Curriculum) in the use and creation of simple media/resources by teachers as well as the need to provide better and more efficient facilities in the form of adding Wifi networks and projectors in classrooms to help the learning process in the classroom .

Keywords: Innovative Learning, Project Based Learning, Learning Outcomes, Students

 

References

Gijbels, D, Dochy, F dan Van de Bossche, F. (2005) Effects of The Problem Based Learning. A Metaâ€analysis from theAngle Measurement. Journal Review of Educational Research. Vol.75, 27â€49.

Global School Net.( 2000). Introduction to Networked Project-Based Learning.http://www.gsn.org/web/pbl/whatis.htm (diuduh pada 1 Oktober 2014, pukul 22:10 WIB).

Waras, Kamdi. 2007. Pembelajaran Berbasis Proyek: Model Potensial untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran. http://lubisgrafura.wordpress.com (diunduh pada 1 Oktober 2014, pukul 22.00 WIB)

Arikunto Suharsimi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara Jakarta.

Agib Zainal, 2003. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, Insan Cendekia, Surabaya.

Dimyati dan Mudjiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Hakim Thursan, 2002. Belajar Secara Efektif, Puspa Swara, Jakarta.

Hayati Mimin, 2007. Model dan Teknik Penelitian, Ruang Persada Press, Jakarta.

Margono, S, 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Majid Abud, 2006. Perencanaan Pembelajaran, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mukhtar dan Rusmini, 2003. Pembelajaran yang Inovatif Project Based Learning Teori dan Penerapannya Dalam Pembelajaran, Tifa Mulis Sejahtera, Jakarta.

Sabri Ahmad, 2006. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, Bumi Aksara, Jakarta.

Sardiman A. M, 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo, Jakarta.

Sudjana nana dan Ibrahim, 2001. Penelitian dan Penelitian Pendidikan.

Sumadi Suryabrata, 2003. Metodologi Penelitian, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Suwarsi Madya, 2006. Teori dan Praktek Penilaian Tindakan, Alfabet, Bandung.

Usman Uzer dan Lilis Setiawati, 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Antula, H., Londa, M., & Gerungan, C. (2025). PEMBELAJARAN YANG INOVATIF PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 8 GORONTALO UTARA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 133–142. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8124