PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IX SMP NEGERI 4 SATAP TOMPASOBARU

Authors

  • Audy Maudy Piring PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Agnes Rooroh PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Allen Manongko

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8708

Keywords:

Learning Outcomes, Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning (PBL), Learning Model.

Abstract

 

ABSTRAK

Hasil belajar siswa merupakan output dari proses belajar mengajar. Salah satu masalah dalam pembelajaran di sekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat di ketahui dari data awal nilai ulanagan harian siswa yang masih berada di bawah KKM. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Model pembelajaran problem Based Learning (PBL) adalah merupakan model pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk berperan aktif dan berpikir kritis dalam pemecahan masalah terkait dengan materi pembelajaran. PBL adalah pembelajaran yang di peroleh melalui proses menuju pemahaman akan resolusi suatu masalah, melalui PBL siswa memperoleh pengalaman dalam menangani masalah masalah yang realistis,dan menekankan pada penggunaan komunikasi, kerjasama dan sumber sumber yang ada untuk merumuskan ide dan mengembangkan keterampilan penalaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dan bagaimana hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa, dengan menggunakan pembelajaran model Problem Based Learning(, dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan disekolah SMP Negeri 4 Satap Tompasobaru.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penilaian Pretest dan Post test dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX dan ternyata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran PBL siswa memperoleh hasil penilaian yang lebih tinggi di bandingkan dengan model pembelajaran konvensional (metode ceramah).

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

 

 

ABSTRACT

Student learning outcomes are the output of the teaching and learning process. One of the problems in learning at school is the low student learning outcomes. This can be seen from the initial data on students' daily test scores which are still below the KKM. The factors that influence student learning outcomes are the learning model. The problem based learning (PBL) learning model is a cooperative learning model that requires students to play an active role and think critically in solving problems related to learning material. PBL is learning that is obtained through a process towards understanding the resolution of a problem, through PBL students gain experience in dealing with realistic problems, and emphasize the use of communication, cooperation and existing resources to formulate ideas and develop reasoning skills.

This research aims to find out whether there are differences and what are the results of learning in Social Sciences among students, using the Problem Based Learning model, compared to students who use conventional learning. This research was carried out at SMP Negeri 4 Satap Tompasobaru.

This research is an experimental research with a pretest and post test assessment design and the subjects in this research are class IX students and it turns out that students obtained higher assessment results using the PBL learning model compared to the conventional learning model (lecture method).

Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning (PBL) Learning Model.

 

References

Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian, Jakarta : Rhineka Cipta Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Arleli, 2012. Meningkatkan minat belajar pada pembelajaran IPS Ekonomi Modelberfikir kreatif (creative Thinking model)

Asep J, dan Abdul H, 2012. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta : Multi PersindoAry, Donald dkk. Pengantar penelitian dalam pendidikan terjemahan Arief

Furchman. 2011. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Aunurrahman, 2013. Belajar dan pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Dimyati, dan Mujiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rhineka Cipta Eggen, dan Kauchak. 2012. Strategi dan model pembelajaran : mengajarkan konten dan keterampilan berfikir. Jakarta : Indeks

Hamalik, O.2011. proses belajar mengajar. Jakarta : Bumi Aksara Hamruni, 2012. Strategi pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani

Huda, Miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pengajaran berdasarkan masalah. Surabaya : UNESA Press

Mardapi, D. 2008. Tehnik penyusunan instrumen Tes dan Non Tes. Jogjakarta : Mitra Cendika

Neolaka, Amos. 2014. Metode penelitian dan statistik. Bandung : PT Remaja Rosda Karya. Offset.

Rusman, 2011. Model-model pembelajaran mengembangkan professionalisme Guru. Jakarta : Rajawali

Sardiman, 2011. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : Raja Grafindo

Slameto, 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : RhinekaCipta Sudjana, N. 1990. Dasar-dasar proses belajar. Bandung : Sinar Baru

Sugiyono, 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kauntitatif, kualitatif,dan R & D). Bandung : Alfabeta

Trianto, 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konstekstual. Jakarta : Prenada Media

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Piring, A. M., Rooroh, A., & Manongko, A. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IX SMP NEGERI 4 SATAP TOMPASOBARU. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 200–209. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8708