PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS VII SMP YPK FAKFAK TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Gilly Tiwow PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Idha Sety PPG Universitas Negeri Manado
  • Robert Winerungan PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8129

Keywords:

Learning Methods, Discovery, Motivation, Learning Achievement, Students

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran discovery sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas VII SMP YPK Fakfak. Adapun manfaat dari penelitian ini bagi penulis, para guru dan sekolah sebagai masukan yang bersifat ilmiah dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas VII SMP YPK Fakfak.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang didalam tiap siklusnya terdapat Rencana, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Kegiatan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas VII SMP YPK Fakfak dengan jumlah siswa 26 orang. Seluruh siswa yang berjumlah 26 orang itu semuanya telah mengikuti siklus I, II, dan III dalam penelitian tindakan kelas.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode discovery, proses belajar mengajar lebih menarik perhatian siswa sehingga merasa senang dan lebih menjadi aktif, meningkatkan daya pikir serta mudah dan mengingatnya dan Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada mata pelajaran Ekonomi khususnya Kelas VII

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Discovery, Motivasi, Prestasi Belajar, Siswa

 

 

ABSTRACT

This research aims to determine the use of the Discovery learning method as an effort to increase student motivation and learning achievement in Economics subjects in class VII YPK Fakfak Middle School. That is the benefit of this research for writers, teachers and schools as scientific input in an effort to increase student motivation and learning achievement in Economics subjects in class VII YPK Fakfak Middle School.

The method used in this research is Classroom Action Research, each cycle of which includes Planning, Implementation, Observation and Reflection. This classroom action research activity was carried out in Class VII of YPK Fakfak Middle School, totaling 26 students. All 26 students have participated in cycles I, II and III in classroom action research.

From this research it can be concluded that through the discovery method, the teaching and learning process attracts students' attention more so that they feel happy and more active, increase their thinking power and are easy to remember and students' learning achievement in Economics subjects increases. subjects, especially Class VII.

Keywords: Learning Methods, Discovery, Motivation, Learning Achievement, Students

 

References

Arikunto, dkk, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Djamarah, 2002, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Erriniyati, 2008, Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Dengan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery) Pada Siswa Kelas VI SD Kanisius Pati

Malayu S.P Hasibuan, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Nur, Uhbiyati 2001, Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Penemuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas I MTsN Denanyar. Skripsi Universitas Negeri Surabaya

Poerwodarminto, 2014, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka,

Siadari. 2001. Model Pembelajaran Penemuan Konsep. Bandung: Remadja Karya

Suherman, 2001, Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA

Syafi’udin, 2002, Penerapan Pendekatan Konstruktivis dengan menggunakan Metode

Uno, Hamzah 2017, TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara

Usman, 2000, Menjadi Guru Profesional, Bandung : Remaja Rosdakarya

https://sulipan.wordpress.com/

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Tiwow, G., Sety, I., & Winerungan, R. (2025). PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS VII SMP YPK FAKFAK TAHUN AJARAN 2022/2023. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 150–157. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8129