PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI EKONOMI INTERNASIONAL DI KELAS IX SMPN 1 WADAGA

Authors

  • Rosmawati . PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Steven Mamanua PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8151

Keywords:

problem based learning, learning motivation, learning achievement.

Abstract

 

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas IX 1 SMPN 1 Wadaga  tahun ajaran 2023/2024 melalui pembelajaran model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, angket, dan observasi. Analisis data pada penelitian ini berpedoman pada analisis Statistik Deskriptif dengan Persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan prestasi belajar juga ditandai dengan bertambahnya peserta didik yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa  pada mata pelajaran IPS materi perdagangan Internasional  kelas IX 1 SMP Negeri 1 Wadaga tahun ajaran 2023/2024.

Kata Kunci: problem based learning, motivasi belajar, prestasi belajar.

 

 

 

 

ABSTRACT

The aim of this research is to increase the motivation and learning achievement of class IX 1 students at SMPN 1 Wadaga for the 2023/2024 academic year through the Problem Based Learning model. This research is classroom action research (PTK) which was carried out in two cycles. Data collection techniques were carried out using written tests, questionnaires and observations. Data analysis in this research is guided by Descriptive Statistics analysis with Percentages. The results of this research indicate an increase in students' learning motivation from cycle I to cycle II. The increase in learning achievement is also marked by the increase in students whose scores reach the minimum overall completeness criteria. So it can be concluded that the application of the problem based learning model can increase student motivation and learning achievement in the social studies subject International trade material for class IX 1 of SMP Negeri 1 Wadaga for the 2023/2024 academic year.

Keywords: problem based learning, learning motivation, learning achievement.

References

Admin, (2003). UU No. 20 tahun 2003 tentang. System Pendidikan Nasional. Diakses melalui https://kemenag.go.id. Pada tanggal 23 November 2023

Admin, (2015). Rakornas Pendidikan dan Pembelajaran Sepanjang Hayat Untuk Semua tentang Education for All Development Index (EDI). Diakses melalui www.kemenkopmk.go.id. Pada tanggal 23 November 2023

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Amir, M. (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Perdana Media Group.

Hamdu dan Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi. Jakarta: Bina Aksara.

Maggie Savin dan Claire. (2004). Foundation Of Problem Based Learning. New York: Great Britain

Tan, Oon Seng. (2004). Enchancing Thingking throught Problem Based Learning Approaces. Singapore: Thompson Learning.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R$D. Bandung: Alfabeta.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

., R., Wuisang, J., & Mamanua, S. (2025). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI EKONOMI INTERNASIONAL DI KELAS IX SMPN 1 WADAGA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 245–253. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8151