STRATEGI PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE KOOPERATIF (STUDI KASUS KELAS VII DI SMPN SATAP 8 SOJOL TAHUN PELAJARAN 2023/ 2024)

Authors

  • Marlina . PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Linda Rumbayan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8674

Keywords:

Problem based learning model, cooperative method, learning strategy

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses perencanaan penerapan strategi pembelajaran IPS melalui metoda kooperatif multi level dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN Satap 8 sojol (2) Pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran IPS melalui metoda kooperatif multi level dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN Satap 8 sojol (3) Hasil penilaian pembelajaran penerapan strategi pembelajaran IPS melalui metoda kooperatif multi level dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN Satap 8 sojol (4) Kendala dalam penerapan strategi pembelajaran IPS melalui metoda kooperatif multi level dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN Satap 8 sojol (5) Upaya yang ditempuh untuk mengatasi kendala- kendala dalam menerapkan strategi pembelajaran IPS melalui metoda kooperatif multi level dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN Satap 8 sojol. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpualan data yaitu dengan cara observasi, interview/wawancara dan dokumen. Adapun tahapan penelitian ini berupa level yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dan dilaksanakan tiga level. Hasil penelitian membuktikan bahwa strategi pembelajaran IPS melalui metoda kooperatif multi level dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pelajaran IPS kelas VII SMPN Satap 8 sojol. Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa dari tahap I, tahap II, dan tahap III tampak terjadi perubahan yang signifikan pada proses pembelajaran IPS. Hal ini dapat dibuktikan dengan perubahan nilai atau prestasi yang setiap level makin meningkat, ditambah siswa lebih aktif dan bersemangat dalam proses pembalajaran IPS.

Kata Kunci: Model pembelajaran problem based learning, metoda kooperatif, Strategi  Pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SOCIAL STUDIES LEARNING STRATEGY THROUGH COOPERATIVE METHODS (CASE STUDY CLASS VII AT SMPN SATAP 8 SOJOL ACADEMIC YEAR 2023/2024)

 

 

ABSTRACT

This research aims to determine (1) The planning process for implementing social studies learning strategies through multi-level cooperative methods in improving the learning outcomes of class VII students in social studies subjects at SMPN Satap 8 Sojol (2) Implementation of implementing social studies learning strategies through multi-level cooperative methods in improving the learning outcomes of class VII students in social studies subjects at SMPN Satap 8 sojol (3) Results of learning assessments implementing social studies learning strategies through multi-level cooperative methods in improving the learning outcomes of class VII students in social studies subjects at SMPN Satap 8 sojol (4 ) Obstacles in implementing social studies learning strategies through multi-level cooperative methods in improving the learning outcomes of class VII students in social studies subjects at SMPN Satap 8 Sojol (5) Efforts taken to overcome obstacles in implementing social studies learning strategies through multi-level cooperative methods in improving the learning achievement of class VII students in social studies subjects at SMPN Satap 8 Sojol. The method used in this research is qualitative research. Data collection techniques are by means of observation, interviews/interviews and documents. The stages of this research are levels which include planning, implementation, observation and reflection, and are carried out at three levels. The research results prove that the social studies learning strategy through multi-level cooperative methods can improve student achievement in class VII social studies at SMPN Satap 8 Sojol. The results of observations in the field show that from stage I, stage II, and stage III there appears to be a significant change in the social studies learning process. This can be proven by changes in grades or achievements which increase at each level, plus students are more active and enthusiastic in the social studies learning process.

Keywords: Problem based learning model, cooperative method, learning strategy

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muntasir, Saleh. 1985. Pengajaran Terprogram. Jakarta: CV. Rajawali

S, Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan VIII. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadi, Sutrisno, 1993. Metodologi Research I , Yogyakarta: Andi Offest.

Metodologi Research II, Yogyakarta : Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM. Hamalik, Oemar., 2004. Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surakhmad, Winarno, 1978. Dasar dan Tehnik Research Pengantar Metodologi Ilmiah, Bandung : Tarsito.

Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran,

Bandung : Tarsito.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003., 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Bandung : Penerbit Citra Umbara.

Anitah, Sri. W dkk. (2007). StrategiPembelajaran di SD. Jakarta: Rinek Cipta. Arikunto, S. 2006. ProsedurPenelitian. Jakarta :Rineka Cipta.

Depdiknas.(2007). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Fattah, Nanang. 1996. Landasan Manajemen Pendidikan. Cibeureum: Remaja Rosdakarya Hamalik, Oemar. 1992. StudiIlmu Pengetahuan Sosial. Bandung: MandarMaju

Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung :Alfabeta. Lie, A, 2007. Cooperative Learning.Jakarta :Grasindo.

Nasotion.2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara Nazir, Moh. 2005. MetodePenelitian. Bogor Selatan :Penerbit Ghalia Indonesia.

Depdikbud. 2002. Model-Model Pembelajaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. PGSM.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

., M., Kandori, I., & Rumbayan, L. . (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE KOOPERATIF (STUDI KASUS KELAS VII DI SMPN SATAP 8 SOJOL TAHUN PELAJARAN 2023/ 2024). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 15–26. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8674