PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 4 TOLITOLI

Authors

  • Ni’mawati . PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Cheris Laloan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Noula Korengkeng PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Johny Taroreh UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8163

Keywords:

Learning Outcomes, roblem Based Learning, Social Sciences

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu: “Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 4 Tolitoli tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan test akhir. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dengan dilengkapi tabel frekuensi serta presentase. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 4 Tolitoli. Kegiatan penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus diadakan empat kali pertemuan (tiga kali pertemuan proses belajar mengajar dan satu kali pertemuan test hasil belajar) serta melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX SMPN 4 Tolitoli yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 67,5 dan siklus II meningkat menjadi 79.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning; IPS

 

 

ABSTRACT

This research is classroom action research (PTK). The problem in this research is: "Can the application of the Problem Based Learning learning model improve the social studies learning outcomes of class IX students at SMPN 4 Tolitoli for the 2022/2023 academic year. Data collection techniques were carried out by means of observation and final tests. Meanwhile, the data analysis technique used is descriptive statistics equipped with frequency tables and percentages. This research aims to improve the social studies learning outcomes of class IX students at SMPN 4 Tolitoli. Research activities were carried out in two cycles, each cycle held four meetings (three teaching and learning process meetings and one learning outcomes test meeting) and went through four stages, namely planning, implementing actions, observing, reflecting. Based on the results of the research and all the discussions and analyzes that have been carried out, it can be concluded that the application of the Problem Based Learning Model can improve the social studies learning outcomes of Class IX students at SMPN 4 Tolitoli, which is marked by an increase in the average score of students in the first cycle of 67.5 and the second cycle. II increased to 79.

Keywords: Learning Outcomes; Problem Based Learning; Social Sciences

References

S. Sadiman, “Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya,†2009.

Abarang, N., & Delviany, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2). https://doi.org/10.26858/progresif.v1i2.28570.

E. Mulyasa, D. Iskandar, and W. D. Aryani, “Revolusi dan Inovasi Pembelajaran,†Revolusi Dan Inovasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya, 2016.

S. R. Ariyanto, I. W. P. Lestari, S. U. Hasanah, L. Rahmah, and D. V. Purwanto, “Problem Based Learning dan Argumentation Sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK,†J. Kependidikan J. Has. Penelit. Dan Kaji. Kepustakaan Di Bid. Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, pp. 197–205, 2020.

M. Yamin, “Teori dan metode pembelajaran,†2021.

C. E. Purwanto and S. E. Nughoro, “Penerapan model pembelajaran guided discovery pada materi pemantulan cahaya untuk meningkatkan berpikir kritis,†UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 1, no. 1, 2012.

Pomalato, Sarsan W. DJ. DR. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta : Nurul Jannah.

Gafar, A. A. & Ridwan, T. (2008). Implementasi problem based learning (PBL) pada proses pembelajaran di BPTP Bandung. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Nomor VII, 12.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

., N., Laloan, C., Korengkeng, N., & Taroreh, J. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 4 TOLITOLI. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 135–144. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8163