PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 9 DI SMP NEGERI 2 PALU

Authors

  • Levy Indriasari PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Robert Winerungan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Slat . PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Allen Manongko UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8158

Keywords:

Social Studies Learning Outcomes, learning motivation, learning models, problem based learning

Abstract

 

ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas 9 di SMP Negeri 2 Palu. Dengan materi antar ruang dan pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat, Sub Materi Perdagangan Internasional. Pembelajaran. IPS sendiri ialah salah satu mata pelajaran yang memiliki sifat aplikatif. Oleh karena itu,. Model yang tepat yaitu model Problem Based Learning, Model ini  mengkaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini salah satu kelas 9 yang ada di SMP Negeri 2 Palu. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi pokok perdagangan Internasional dengan menggunakan model Problem Based Learning.Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning sudah sesuai prosedur pelaksanaan pembelajaran.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, model pembelajaran, problem based learning, motivasi belajar

 

 

ABSTRACT

This research aims to examine the application of the Problem Based Learning Model to increase student learning motivation in Class 9 Social Sciences subjects at SMP Negeri 2 Palu. With inter-space material and its influence on Community Welfare, International Trade Sub-Material. Learning. Social Sciences itself is a subject that has an applicable nature. Therefore,. The appropriate model is the Problem Based Learning model. This model links learning material with everyday life. This research is classroom action research (PTK). The subject of this research is one of class 9 at SMP Negeri 2 Palu. The treatment given to research subjects was to increase students' learning motivation in social studies subjects with the main material of international trade using the Problem Based Learning model. The findings of this research are as follows: (1) The implementation of learning using the Problem Based Learning model is in accordance with learning implementation procedures.

Keywords: Social Studies Learning Outcomes, learning models, problem based learning, learning motivation

References

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361.

Indra, M. (2009). Pengertian dan Definisi Hasil Belajar. Fromhttp://indramunawar

.blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html

Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Rudiyanto, R., Irmayanti, N., Sayati, S., & Makmun, S. (2022). Pembelajaran PAI

Berbasis Problem Based Learning di SMAN 1 Pamekasan. Ideas: Jurnal

Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 891–898.

https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.846

Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif

Online, 3(1).

Rozikin, S., Amir, H., Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia DI SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. ALOTROP, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2(1),

Silaban, R., Panggabean, F., T., M., Hutapea, F., M., Hutahaean, E., & Alexander, I., J (2020). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Dan Pendekatan Ilmiah Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Mengajar Ikatan Kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 69–76.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Indriasari, L., Winerungan, R., ., S., & Manongko, A. (2025). PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 9 DI SMP NEGERI 2 PALU. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 91–99. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8158