PENGOPTIMALAN HASIL BELAJAR IPS DAN KETERLIBATAN SISWA KELAS VII MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 2 PANGSID

Authors

  • Kustiah Mahmud PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Joseph Kambey PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Noula Korengkeng PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8156

Keywords:

roblem Based Learning, education, learning models

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning terhadap tingkat hasil dan keterlibatan siswa terhadap mata pelajaran IPS di tingkat kelas VII. Hasil penelitian ini akan bermanfaat bagi penulis dan para guru lain, sebagai masukan dan pedoman yang bersifat ilmiah dalam upaya meningkatkan dan mengoptimalkan hasil belajar keterlibatan siswa. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Pangsid, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitan tindakan kelas (PTK) dengan sasaran penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 16 individu. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada pertemuan terakhir dilakukan evaluasi, tes dilakukan untuk mengukur hasil belajar siswa pada setiap akhir siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (action research classroom). Hasil assessment menunjukkan keberhasilan hasil belajar yang dapat dilihat dari hasil belajar kedua siklus melalui penilaian tes menunjukkan >80% yaitu 87,5% individu dan 80% individu dari 16 siswa  lolos melewati KKTP. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikemukakan kesimpulan bahawa penerapan model problem based learning pada pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil pembelajaran dan keterlibatas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pangsid.

Kata Kunci: Promblem Based Learning, pendidikan, model pembelajaran

 

ABSTRACT

This research aims to determine the impact of implementing the Problem Based Learning learning approach on the level of results and student involvement in social studies subjects at grade VII level. The results of this research will be useful for the author and other teachers, as scientific input and guidance in an effort to improve and optimize student engagement learning outcomes. The research was conducted at SMPN 2 Pangsid, Maritengngae District, Sidenreng Rappang Regency, South Sulawesi Province. This research is classroom action research (PTK) with the research target being 16 class VII students. This research was carried out in 2 cycles. At the last meeting, an evaluation is carried out, tests are carried out to measure student learning outcomes at the end of each cycle. The method used in this research is an experimental method using a Classroom Action Research Design. The assessment results show the success of learning outcomes which can be seen from the learning results of both cycles through test assessments showing >80%, namely 87.5% of individuals and 80% of individuals from 16 students passed the KKTP. Based on the research results, it can be concluded that the application of the problem based learning model in social studies lessons can improve the learning outcomes and engagement of class VII students at SMP Negeri 2 Pangsid.

Keywords: Problem Based Learning, education, learning models

 

 

References

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35.

Auliah, F. N., Febriyanti, N., & Rustini, T. (2023). Analisis Hambatan Guru dalam Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SDN 090 Cibiru Bandung. Journal on Education, 5(2), 2025-2033.

Fatmawanti, I., & Istihapsari, V. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Materi Segiempat Segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 1-11.

Fitra, N. V., Dewanti, L. M. S., & Jati, A. R. (2023, January). Pengaruh Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Keberhasilan Belajar Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 4, No. 1, pp. 25-32).

Khakim, N., Santi, N. M., US, A. B., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347-358.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. IJAR, 1(2).

Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246-259.

Ramlawati, R., Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh model PBL (problem based learning) terhadap Motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 6 (1), 1–14.

Sahputra, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Mata Pelajaran Ips Pokok Bahasankenampakan Alam Dan Budaya Di Kelas Iv Sd Negeri 055988 Gunung Ambat Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Aquinas Terbit, 1(1), 22-43.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran problem based learning dalam implementasi kurikulum 2013 Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260-271.

Sukerni, N. K. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Strategi Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 10(2).

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Mahmud, K., Kambey, J., & Korengkeng, N. (2025). PENGOPTIMALAN HASIL BELAJAR IPS DAN KETERLIBATAN SISWA KELAS VII MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 2 PANGSID. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 84–90. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8156