PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG MATERI KEBUTUHAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 3 DONDO

Authors

  • . Asdir PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Agnes Rooroh PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Ferry Slat PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Henry J. Tamboto UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8694

Keywords:

Learning Outcomes, Problem Based Learning

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berjudul: “Peningkatan Hasil Belajar tentang Materi kebutuhan manusia dengan Menggunakan Model Problem Based Learning  ( PBL) Peserta didik Kelas VII  SMPN 3 Dondoâ€Â.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar  kebutuhan manusia dengan Menggunakan Model Problem Based Learning  ( PBL) Peserta didik Kelas VII  SMPN 3 Dondo Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Model Problem Based Learning  ( PBL ) dapat Meningkatkan Hasil Belajar  kebutuhan manusia dengan Menggunakan Model Problem Based Learning  ( PBL) Peserta didik Kelas VII  SMPN 3 Dondo

Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan Problem Based Learning  ( PBL ) untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Pembelajaran pada model Problem Based Learning  ( PBL ) yang lebih menarik dan bervariasi.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, SMPN 3 Dondo

 

Abstract

This research is entitled: "Improving Learning Outcomes regarding Human Needs Material Using the Problem Based Learning (PBL) Model for Class VII Students of SMPN 3 Dondo".

The aim of this research is to improve learning outcomes for human needs by using the Problem Based Learning (PBL) model for Class VII students at SMPN 3 Dondo. The method used in this research is action research, which consists of 2 (two) cycles, and each The cycle consists of: Planning, Implementation, Observation, and reflection.

Based on the results of action research, the Problem Based Learning (PBL) model can improve learning outcomes for human needs by using the Problem Based Learning (PBL) model for Class VII students at SMPN 3 Dondo

Furthermore, the researcher recommends: (1) Teachers who experience the same difficulties can apply Problem Based Learning (PBL) to improve learning outcomes. (2) In order to get maximum results, teachers are expected to make learning using the Problem Based Learning (PBL) model more interesting and varied.

Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning, SMPN 3 Dondo

 

References

Ahmadi, Abu. 1997.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara

Depdiknas. 2003.UU RI No.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional.

Jakarta: Depdiknas

--------------. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

--------------.2005. PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Jakarta: Depdiknas

-------------. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.

Jakarta: Depdiknas

-------------. 1999. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang

Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press.

Kemdiknas.2011.Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Kemdiknas

-------------. 2011. Paikem Pembelajaran Aktif Inovatif

Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Kemdiknas

Ngalim, Purwanto. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:PT

Remaja Rosda Karya

Ngalim, Purwanto. 2003. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Bandung:PT Remaja Rosda Karya

Sudjana, Nana. 2012. Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Suyatno. 2009. Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL. Surakarta: Tiga Serangkai

JURNAL JUMAKIR, S Pd., MM (https://www.kangjo.net/berita/detail/contoh-ptk-guru-ips)30 Apr 2022,

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Asdir, ., Rooroh, A., Slat, F., & Tamboto, H. J. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG MATERI KEBUTUHAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 3 DONDO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 87–100. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8694