PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STCIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V DI SDN 5 BILALANG
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Talking Stick, Hasil Belajar, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, tindakan dan refleksi. Dari hasil observasi yang dilakukan di SDN 5 BILALANG di temukan dimana kurang dikemasnya pembelajaran dengan model pembelajaran yang menarik, menantang, dengan menyenangkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V khususnya tentang materi Nilai-nilai Pancasila yang ada di sekitar kita dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 5 Bilalang. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teknik analisa data dengan memberikan soal Maka apabilah ketuntasan belajar lebih dari 70 maka kelas dapat dikatakan tuntas belajar. Temuan penelitian pada masalah penelitian membuat model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terjadi perubahan yang berarti, dimana siswa sudah berperan aktif, mandiri dan berani dalam belajar tetapi dalam artian guru sebagai pembimbing dan fasilitator. Hasil yang dicapai pada siklus I adalah 49%. Dengan nilai tersebut maka tidak mencapai KKTP karena banyak siswa pada saat mengerjakan lembar penilaian hanya beberapa orang yang tuntas oleh karena itu harus di adakan siklus II dan siklus II hasilnya mencapai 84% dalam hal ini terjadi peningatan dengan menerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking stick pada mata pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SDN 5 Bilalang.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.