PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DIKELAS IV SDN 1 KAWANGKOAN
Keywords:
Model Pembelajaran Number Heards Together, Hasil Belajar IPSAbstract
Berdasarkan observasi penulis yang telah di laksanakan di semester I kelas IV masalah yang di temui yaitu (1) interaksi yang terjdi dalam proses pembelajaran hanya dari guru-siswa, guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga siswa hanya menghafal teori dan cepat lupa (2) kurang diterapkannya pembelajaran IPS dengan model yang menarik, kreatif dan menyenangkan (3) Guru seringkali hanya menyampaikan materi IPS seadanya dan hanya memanfaatkan buku paket sebagai pegangan untuk siswa, sehingga pembelajaran hanya terpusat pada guru dan siswa hanya mendengarkan saja sehingga pembelajaran IPS cenderung membosankan. Kondisi ini yang membuat hasil belajar IPS tentang perubahan sifat benda pada siswa kelas IV. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heards Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Kawangkoan. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengacu pada desain pembelajaran yang dikemukakan Kemmis dan Mc Taggart (Zainal Aqib, 2006:31) yang terdiri atas 2 siklus dan 4 tahapan yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi,(4) refleksi. Pada siklus I hasil belajar yang diperoleh siswa adalah 68,21% dan pada siklus ke-2 meningkat menjadi 95,71%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heards Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Kawangkoan
