PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD GMIM SYALOM KARIMBOW
Keywords:
Model Talking Stick, hasil belajar, PKNAbstract
Tujuan penelitian adalah mengetahui Penerapan Model Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar PKN di kelas IV SD GMIM Syalom Karimbow. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis data guna mengetahui hasil belajar siswa, apakah telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar atau tidak. Hasil penelitian dengan menerapkan model Talking Stick pada pembelajaran PKN materi makna hubungan dengan sila-sila pancasila. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah kelas IV yang berjumlah 9 siswa terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan, diperoleh hasil capaian pada siklus I = 63,8% dengan demikian hasil penelitian ini dikatakan belum berhasil dan akan dilaksnakan siklus II. Hasil penelitian siklus II = 89,4% menunjukan siswa semakin aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Maka berdasarkan capaian hasil siklus I ke siklus II melalui model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar PKN pada materi makna hubungan dengan simbol sila-sila pancasila. Kesimpulan penelitian yaitu penerapan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN di kelas IV SD GMIM Syalom Karimbow

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.