PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SD NEGERI SAWANGAN TOMBULU

Authors

  • Novilia Widya Wiku Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Fransiska R Korompis Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil Belajar, IPS, Model Problem Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi tentang Tema IV Sehat Itu Penting, Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, Pembelajaran Ke-3  dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) di kelas V SD Negeri Sawangan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes kemudian dianalisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan belajar pada siklus I 68% dan siklus II 78%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas V SD Negari Sawangan, Tombulu maka dapat disimpulan bahwa: penerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri Sawangan, Tombulu khususnya pada materi interaksi sosial

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Wiku, N. W. ., Tuerah, R. M. S. ., & Korompis, F. R. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SD NEGERI SAWANGAN TOMBULU. Bloom Journal, 2(1), 43-50. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11534

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>