PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SD NEGERI SAWANGAN TOMBULU
Keywords:
Hasil Belajar, IPS, Model Problem Based LearningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi tentang Tema IV Sehat Itu Penting, Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia, Pembelajaran Ke-3 dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) di kelas V SD Negeri Sawangan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes kemudian dianalisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan belajar pada siklus I 68% dan siklus II 78%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas V SD Negari Sawangan, Tombulu maka dapat disimpulan bahwa: penerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SD Negeri Sawangan, Tombulu khususnya pada materi interaksi sosial

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.