PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SD NEGERI 2 DUMOGA PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 5 SUBTEMA 1
Keywords:
Metode Pembelajaran Inkuiri, Mata Pelajaran IPSAbstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dikelas VI SD Negeri 2 Dumoga. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti terhadap proses kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran IPS di SD Negeri 2 Dumoga, ternyata metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab ternyata hasilnya masih kurang memuaskan. Siswa kurang memahami materi secara mendalam bahkan konsep-konsep yang disampaikan atau permasalahan dalam materi pembelajaran yang harus digali lebih dalam lagi tidak menjadi pengetahuan siswa. Kondisi kelas VI SD Negeri 2 Dumoga kurang kondusif pada mata pelajaran IPS, karena siswa cepat bosan dengan metode pembelajaran yang dipakai guru yaitu metode ceramah dan penugasan. Dan sebagai upaya dalam menciptakan kondisi kelas menjadi aktif dan kondusif, perlunya diterapkan metode pembelajaran yang tepat. Penerapan metode pembelajaran Inkuiri dalam pembelajaran IPS menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan yang telah dijelaskan di atas. Dan sebagai upaya dalam menciptakan kondisi kelas menjadi aktif dan kondusif, perlunya diterapkan metode pembelajaran yang tepat. Penerapan metode Inkuiri dalam pembelajaran IPS menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan yang telah dijelaskan di atas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengambil tempat di SD Negeri 2 Dumoga. Penelitian ini memperoleh hasil penerapan metode pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Sumber Daya Alam. hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I 60,07% kemudian Ketika dilanjutkan ke siklus II terjadi peningkatan pada siklus menjadi 82,92%melebihi standar KKM yang ditentukan sekolah yaitu 75%.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.