PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN BINTAU
Keywords:
Model pembelajaran Teams Games Tournaments, IPS, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dalam meningkatkan hasil belajar IPS tentang Kerajaan Hindu Budha dan Islam di kelas IV SDN Bintau. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas IV SD Negeri Bintau yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Setelah diterapkan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dan diadakan tes individu pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 66 dan siswa yang tuntas belajar mencapai 40%, maka belum memenuhi kriteria keberhasilan dan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas mengalami peningkatan sebesar 22%, di siklus II siswa yang tuntas belajar menjadi 100% dari seluruh siswa dengan nilai rata-rata 88% sehingga telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri Bintau.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.