PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 1 PASSI

Authors

  • Dewa Ayu Pita Loka Universitas Negeri Manado
  • Mersty E Rindengan Universitas Negeri Manado
  • Danny A Masinambow Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 PASSI dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. jenis Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 PASSI yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan tes Pada siklus I diperoleh hasil yaitu sebanyak 59% siswa mencapai hasil belajar sesuai dengan standar KKM dan sebanyak 41% siswa belum mencapai standar KKM. Pada siklus II diperoleh hasil yaitu sebanyak 88% siswa mencapai standar KKM dan hanya sebanyak 12% siswa yang belum mencapai standar KKM. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pengunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajarĀ  IPA siswa kelas IV SDN 1 Passi

Downloads

Published

2024-03-19

Issue

Section

Articles