PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD GMIM DUA PAKUURE

Authors

  • Billy Umboh Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Briane E. J. Komedien Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengatahui penerapan problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan sifat benda pada siswa kelas IV SD GMIM 2 Pakuure, dengan jumlah siswa 16 orang. Dalam penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian Pendidikan Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes siklus I, siklus II  yang dilakukan langsung di kelas IV. Hasil penelitian menununjukan, pada siklus I terdapat  67,5% yang berhasil, dari 16 siswa hanya 7 siswa yang berhasil. Oleh sebab itu peneliti melakukan perbaikan pada siklus ke-II dan memperoleh 13 siswa berhasil dari 16 siswa di kelas dan hanya 3 siswa yang tidak berhasil dengan presentase keberhasilan mencapai 90% .Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian dengan penerapan model problem based learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dengan capaian pada siklus I 67,5 % dan siklus II 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas IV SD GMIM 2 Pakuure, peneliti menarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan sifat benda

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Umboh, B., Tuerah, R. M. S. ., & Komedien, B. E. J. . (2025). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD GMIM DUA PAKUURE. Bloom Journal, 2(1), 9-16. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11529

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>