PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD GMIM DUA PAKUURE
Keywords:
Hasil Belajar, IPA, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini betujuan untuk mengatahui penerapan problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan sifat benda pada siswa kelas IV SD GMIM 2 Pakuure, dengan jumlah siswa 16 orang. Dalam penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian Pendidikan Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes siklus I, siklus II yang dilakukan langsung di kelas IV. Hasil penelitian menununjukan, pada siklus I terdapat 67,5% yang berhasil, dari 16 siswa hanya 7 siswa yang berhasil. Oleh sebab itu peneliti melakukan perbaikan pada siklus ke-II dan memperoleh 13 siswa berhasil dari 16 siswa di kelas dan hanya 3 siswa yang tidak berhasil dengan presentase keberhasilan mencapai 90% .Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian dengan penerapan model problem based learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dengan capaian pada siklus I 67,5 % dan siklus II 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas IV SD GMIM 2 Pakuure, peneliti menarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan sifat benda

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.