PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DI KELAS IV SD INPRES 6/84 WALEHUNIAN SAGERAT

Authors

  • Meylin Grasela Au Joeng Universitas Negeri Manado
  • Mersty E. Rindengan Universitas Negeri Manado
  • Fonny Katili Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada tema 2 subtema 2 di kelas IV SD Inpres 6/84 Walehunian Sagerat dengan jumlah siswa 24 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD Inpres 6/84 Walehunian Sagerat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan perhitungan presentase ketuntasan hasil belajar yang dicapai oleh siswa secara klasikal. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I ketuntasan belajar belum tercapai karena secara klasikal hanya mencapai 67,5%. Untuk itu proses pembelajaran diperbaiki lagi dan dilakukan pada siklus ke II dan secara klasikal hasil belajar mencapai 93,75%. Dengan demikian hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus ke II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 2  di kelas IV SD Inpres 6/84 Walehunian Sagerat

Downloads

Published

2024-11-05

How to Cite

Joeng, M. G. A. ., Rindengan, M. E. ., & Katili, F. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DI KELAS IV SD INPRES 6/84 WALEHUNIAN SAGERAT. Bloom Journal, 1(3), 116-121. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11376

Issue

Section

Articles