PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V KATOLIK-I SANTO YOHANES TOMOHON

Authors

  • Suci Indah Sari Kairala Universitas Negeri Manado
  • Briane E. J. Komedien Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Peserta Didik Kelas V SD Katolik-1 Santo Yohanes Tomohon. Peneliti menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Menurut kemmis dan Mc. Taggart (Zainal Aqib,2006: 31) meliputi empat tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Katolik-1 Santo Yohanes Tomohon dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dapat memahami materi dari dua siklus. Teknik analisis data menggunakan rumus KB =   × 100% . Hasil yang diperoleh pada siklus Ⅰ mencapai 68% sedangkan pada siklus Ⅱ mencapai 80% peserta didik sudah memahami dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru di SD Katolik-1 Santo Yohanes Tomohon diharapkan untuk dapat menerapkan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Peserta Didik Kelas V SD Katolik-1 Santo Yohanes Tomohon.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Kairala, S. I. S. ., Komedien, B. E. J. ., & Rorimpandey, W. H. F. (2025). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V KATOLIK-I SANTO YOHANES TOMOHON. Bloom Journal, 2(1), 145-151. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11577

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>