PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS V KATOLIK-I SANTO YOHANES TOMOHON
Keywords:
Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Peserta Didik Kelas V SD Katolik-1 Santo Yohanes Tomohon. Peneliti menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Menurut kemmis dan Mc. Taggart (Zainal Aqib,2006: 31) meliputi empat tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Katolik-1 Santo Yohanes Tomohon dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dapat memahami materi dari dua siklus. Teknik analisis data menggunakan rumus KB = × 100% . Hasil yang diperoleh pada siklus Ⅰ mencapai 68% sedangkan pada siklus Ⅱ mencapai 80% peserta didik sudah memahami dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru di SD Katolik-1 Santo Yohanes Tomohon diharapkan untuk dapat menerapkan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Peserta Didik Kelas V SD Katolik-1 Santo Yohanes Tomohon.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.