PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI II TOMOHON

Main Article Content

Intan U. Tiwow
Widdy H. F. Rorimpandey
Sarah S. N. Tombokan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Berbagai Pekerjaan pada siswa kelas IV SD Negeri II Tomohon. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 16 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengeumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan pemberian tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah menghitung hasil presentase hasil belajar. Hasil penelitian yang dicapai pada siklus 1 yaitu 55,625% dan pada siklus II yaitu 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dismpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Berbagai Pekerjaan pada siswa kelas IV SD Negeri II Tomohon.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>