PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD GMIM RAANAN BARU

Main Article Content

Carolina P. Yojana
Widdy H. F. Rorimpandey
Margareta O. Sumilat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD GMIM Raanan Baru, melalui penggunaan media audiovisual dengan materi peristiwa sumpah pemuda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan MC Taggart dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD GMIM Raanan Baru yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket skala sikap dan dokumentasi. Hasil respon skala sikap motivasi belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 54% dengan kriteria cukup dan perolehan hasil belajar 66% dinyatakan belum berhasil sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II respon skala sikap motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 72,5% dengan kriteria tinggi dan hasil belajar 82% dengan 9 siswa atau 90% dari jumlah siswa sudah mencapai standar ketuntasan yaitu >75%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD GMIM Raanan Baru. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih bervariasi untuk lebih meningkatkan motivasi belajar siswa yang juga mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>