PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD INPRES LANSOT

Main Article Content

Cleopatra I. N. Posumah
Tellma M. Tiwa
Roos M. S. Tuerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model project based learning kelas V SD INPRES Lansot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahap, yaitu:perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD INPRES Lansot yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki.Teknik pengumpulam data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus: KB = T/Tt x 100%. Dimana KB = Ketuntasan Belajar, T = Jumlah Skor yang diperoleh Siswa, Tt = Jumlah Skor Total. Penelitian berhasil apabila keberhasilan dengan ketuntasan 75%. Hasil penelitian siklus I yaitu 65,5%, karena belum mendapatkan hasil yang diinginkan maka dilakukan siklus II sehingga mendapatkan hasil belajar yang meningkat yaitu 80% siswa.Disimpulkm penggunaan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD INPRES Lansot. Oleh karena itu sebagai saran kepada guru kelas V agar dalam proses pembelajaran diharapkan dapat menggunakan model project based learning sehingga siswa bisa ikut aktif, berfikir kritis dan bersemangat dalam belajar.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>