PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GMIM RAANAN BARU

Main Article Content

Joane O. S. Sumakul
Widdy H. F. Rorimpandey
Ronny G. Dumanauw
Stien A. Dien

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD GMIM Raanan Baru. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan MC Taggart dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD GMIM Raanan Baru yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 69 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 40%. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas yakni menjadi 86,8 dan persentase tuntas belajar dengan 10 siswa atau 100% dari jumlah siswa sudah mencapai standar ketuntasan yaitu >75%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD GMIM Raanan Baru. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles