PERAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGELOLA STRATEGI PEMBELAJARAN DI SD GMIM 1 MADIDIR

Main Article Content

Mariana K. Saru
Deitje A. Katuuk
Hetty J. Tumurang

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini Bagaimana peran kompetensi profesional guru dalam mengelola strategi pembelajaran di SD GMIM 1 Madidir ? Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu SD GMIM I Madidir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Kesimpulan yang ditarik dalam penelitian ini adalah Kompetensi professional guru dalam mengelola strategi pembelajaran di SD GMIM 1 Madidir belum mencapai tujuan, karena kemampuan guru dalam mengelola strategi pembelajaran masih kurang maksimal seperti 1) Dalam proses pembelajaran guru dalam pengelolaan kelas penguasaan implementasi  ketrampilan mengajar sering terabaikan, sering hanya menggunakan satu metode pembelajaran yang monoton yaitu metode ceramah. Hal ini menyebabkan pembelajaran tidak efektif dan efisien, banyak siswa merasah bosan dan tidak memahami apa yang dijelaskan oleh guru. 2) Faktor penghambat kompetensi professional guru dalam mengelolah strategi pembelajaran ialah kurangnya sarana prasarana sekolah, media pembelajaran seperti alat peraga serta peralatan penunjang belajar lainnya. 3) Solusi untuk mengatasi hambatan yang ada yaitu: dengan adanya Kerjasama dari pihak sekolah untuk menyediakan media dan alat peraga demi tercapainya tujuan pembelajaran. Selain itu, guru juga harus lebih banyak menguasai metode pembelajaran agar dapat menyesuaikan metode pembelajaran dengan materi, sebagai seorang kepala sekolah guru harus bisa menyesuaikan waktu dengan baik agar siswa dapat menerima pelajaran dengan baik.

Article Details

Section
Articles