MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI KELAS IV SD KATOLIK 3 WOLOAN

Authors

  • Mawaddah I. Bolota Universitas Negeri Manado
  • Mersty E. Rindengan Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Project Based Learning, Menulis Puisi, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui Model Project Based Learning untuk meningkatkan Keterampilan menulis Puisi siswa di kelas IV SD Katolik 3 Woloan. Metode Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis data guna mengetahui keterampilan siswa, apakah telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar atau tidak. Hasil penelitian dengan menerapkan model Project Based Learning dalam pembelajaran Menulis Puisi diperoleh hasil nilai pada siklus I = 69 dan siswa yang tuntas belajar 43,75% Untuk hasil nilai siklus II = 69 dan siswa yang tuntas belajar 87,5% . Berdasarkan capaian hasil siklus I ke siklus II ternyata mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian yaitu model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan dalam Menulis Puisi di kelas IV SD Katolik 3 Woloan. Disarankan model Project Based Learning dapat menjadi bahan referensi guru-guru untuk meningkatkan keterampilan  siswa dan dapat diterapkan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar menulis Puisi.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>