PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD KRISTEN 3 BANGUNAN WUWUK

Authors

  • Lengkong A. Asari Universitas Negeri Manado
  • Roeth A. O. Najoan Universitas Negeri Manado
  • Mozes Y. Legi Universitas Negeri Manado

Keywords:

Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Model  Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika mengenai materi debit siswa kelas V SD Kristen 3 Bangunan Wuwuk. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, menurut Kemmis dan Mc Taggart (dalam Zainal Aqib, 2006:31) yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V SD Kristen 3 Bangunan Wuwuk yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Berdasarkan presentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 62,18% dengan jumlah skor 995 dari 1600, sehingga perlu melakukan perencanaan ulang untuk lanjutan pembelajaran siklus II. Dengan demikian setelah memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada pembelajaran siklus I, maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan presentase nilai 81,25% dengan jumlah skor 1300 dari 1600. Dari hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Kristen 3 Bangunan Wuwuk.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)