MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 1 PASSI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V SDN 1 PASSI dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 PASSI yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan tes.Dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu pada siklus I baru mencapai 65%, akan tetapi hasil yang diperoleh belum mencapai standar KKM. Setelah dilakukannya siklus II, diperoleh peningkatan yaitu sebanyak 90% siswa mampu mencapai kriteria KKM dan hanya sebanyak 10% siswa yang belum mencapai KKM. Dengan demikian berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar IPA dengan materi organ gerak hewan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 PASSI.