PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE RTE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI AMPRENG

Authors

Keywords:

Cooperative Learning, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan awal peneliti di SD NEGERI AMPRENG KELAS V dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi Penelitian tindakan kelas dengan 2 nbsp; siklus digunakan setiap siklus dibagi menjadi 4 tahap: perencanaan nbsp; tindakan observasi dan refleksi Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD NEGERI AMRENG yang berjumlah 12 siswa Berdasarkan hasil observasi nbsp; siklus I diperoleh informasi sebagai berikut Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 68 47 hasil observasi aktivitas guru sebesar 84 78 dan hasil belajar siswa diperoleh 69 58 atau tidak mencapai hasil yang diharapkan Hasil observasi siklus II diperoleh : hasil observasi aktivitas siswa 89 13 observasi aktivitas guru 92 39 dan hasil belajar siswa 90 83 Observasi wawancara tes dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif untuk menghitung ketuntasan belajar pada setiap siklus dimana kriteria ketuntasan belajar nbsp; 70 Teknik analisis kualitatif nbsp; diperoleh melalui lembar observasi kegiatan dan wawancara terhadap siswa nbsp; dan guru Kesimpulannya dengan menggunakan model Cooperative Learning nbsp; Rotating Trio Exchange RTE < em> dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi nbsp; matematika siswa dan menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif Dengan demikian berdasarkan temuan yang disampaikan peneliti diharapkan nbsp; guru kelas V nbsp; dapat menerapkan model Cooperative Learning Tipe nbsp; Rotating Trio Exchange RTE < em>< p>

References

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>