PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD GMIM IV TOMOHON

Main Article Content

Febriyanti C. Nongka
Zoya F. Sumampow
Yulmi H. Mottoh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD GMIM IV Tomohon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan persentase hasil belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 66,5% maka diperlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar mencapai 80,6% itu artinya hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan dan telah mencapai standar ketuntasan secara klasikal. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi perubahan wujud benda di kelas V SD GMIM IV Tomohon.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)