PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD GMIM 8 TOMOHON

Authors

  • Claudia V. Katemung Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Margareta O. Sumilat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Pembelajaran Integratif, hasil belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil analisis dan deskritif tentang “Penerapan Model Pembelajaran Integratif Untuk Meningkatkan Keterampilan membaca pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD GMIM 8 Tomohon” khususnya pada materi membaca teks percakapan melalui model Integratif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan/Tindakan, Observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan alur. Hasil penelitian siklus pencapaian keteuntasan hasil belajar yang diperoleh yaitu 70,83% mencapai nilai ≥ 62 dan 29,16% tidak tuntas. Hal tersebut belum memenuhi indikator keberhasilan yang direncanakan yaitu 85% siswa tuntas dalam hasil belajarnya dengan memenuhi KKM mencapai nilai ≥ 62., dan siklus 2. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus II mencapai skor rata-rata 81,83 dengan nilai terendah adalah 48 dan nilai tertinggi adalah 100, sedangkan pencapaian ketuntasan hasil belajar yang diperoleh yaitu 95,83%....%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran Integratif dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6