PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV DI SD INPRES WALIAN
Keywords:
Hasil Belajar Sains, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sains melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas V SD Inpres Walian. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Walian yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran Sains dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa pada siklus I, hasil tes di siklus I ada 9 siswa atau 60% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥70. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan memodifikasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD di siklus II dengan pembentukan kelompok yang lebih heterogen, pembagian tugas dalam kelompok, pembagian waktu dan pemberian penghargaan yang lebih menarik pada siklus II, dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa, ditandai ada 15 siswa atau 100 % dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥70. Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada siklus I yaitu 66 sedangkan pada siklus II yaitu 82,67.