PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE (STEDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD GMIM 14 MANADO

Main Article Content

Brenda Raboy
Katrina Siwi
Sarah Tombokan

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilator belakangi oleh sebuah kegiatan dalam proses belajar mengajar di Sekolah Dasar. Kendala dalam proses pembelajaran, yaitu kurang dikemasnya pembelajaran IPS dengan model menarik, menantang dan menyenangkan, sehingga pembelajaran IPS cenderung membosankan, kurang menantang hampir tidak bermakna. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD GMIM 14 MANADO dengan menggunakan penerapan model kooperatif tipe (student meningkatkan hasil beajar IPS di kelas IV SD GMIM 14 MANADO. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart (Aqib Zainal, 2006:31-32) yang terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan (planning), Tindakan (action), Pengamatan (observation), Refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar kerja siswa (LKS) dan lembar observasi. Data dianalisis dengan perhitungan persentase hasil belajar siswa. Hasil penelitian di siklus 1 mencapai 63,75% dan hasil penelitian siklus 2 mencapai 93%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam di SD GMIM 14 MANADO. Bertolak dari kesimpulan tersebut maka disarankan bahwa Sebaiknya dalam pembelajaran IPS di SD khususnya di kelas IV SD GMIM 14 Manado.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)