PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD KATOLIK STA MARIA RURUKAN

Authors

Keywords:

Hasil belajar, metode diskusi, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar nbsp; IPS melalui penerapan metode diskusi Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan Mc Taggart Aqip 2006 dengan langkah langkah sebagai berikut: 1 Perencanaan 2 Pelaksanaan 3 Observasi dan 4 Refleksi yang digunakan pada dua siklus Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan langsung proses pembelajaran dan lembar penilaian Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dihitung dengan menggunkan rumus ketuntasan belajar KB yaitu jumlah skor yang diperoleh siswa T nbsp; dibagi jumlah skor total Tt kemudian dikalikan seratus persen 100 Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I yaitu dan sikus II mencapai dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS kelas V SD KATOLIK STA MARIA RURUKAN sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SD KATOLIK STA MARIA RURUKAN dan disarankan guru dapat menerapkan metode diskusi dalam proses belajar mengajar IPS< p>

References

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)