PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD KATOLIK STA. MARIA RURUKAN

Main Article Content

Anggelicha J. J. Tulong
Katrina Siwi
Sarah N. S. Tombokan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  IPS, melalui penerapan metode diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan Mc. Taggart (Aqip, 2006) dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi yang digunakan pada dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan langsung proses pembelajaran dan lembar penilaian. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dihitung dengan menggunkan rumus ketuntasan belajar (KB) yaitu jumlah skor yang diperoleh siswa (T)  dibagi jumlah skor total (Tt) kemudian dikalikan seratus persen (100%). Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I yaitu dan sikus II mencapai dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS kelas V SD KATOLIK STA. MARIA RURUKAN sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SD KATOLIK STA. MARIA RURUKAN, dan disarankan guru dapat menerapkan metode diskusi dalam proses belajar mengajar IPS

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)